Banyak pendekatan dalam bidang pendidikan abaikan faktor bahasa. Namun ada lebih dari 60 tehun penelitian, dan lebih dari 1.200 studi kasus yang membuktikan bahwa kita bisa dapat hasil yang jauh lebih baik apabila kita perhatikan peranan bahasa dalam pendidikan. Hal ini didukung baik oleh pemerintah RI, maupun Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi NTT dengan menetapkan MULOK pada kurikulum lokal. Pendidikan dalam bahasa ibu, juga didukung oleh lembaga pendidikan internasional UNESCO yang pada tahun 1953 menetapkan bahwa.

Media yang terbaik untuk mengajar anak adalah dengan menggunakan bahasa anak itu sendiri … Dalam kependidikan, anak belajar lebih cepat jika menggunakan bahasanya sendiri … Sangatlah penting bahwa setiap usaha harus dilakukan untuk menyelenggarakan pendidikan dalam bahasa ibu … Secara khusus, murid harus mengawali pendidikan mereka dengan media bahasa ibu, karena mereka memahami bahasa tersebut. Jika pendidikan sekolah dimulai dengan menggunakan bahasa ibu, maka jarak antara sekolah dan rumah menjadi relatif kecil.

Kupang Buku Besar

Cerita Alkitab

Seri Pelangi

Seri Pelangi UBB menjadi seri buku-buku bacaan dalam berbagai bahasa dan berbagai tingkat kerumitan. Buku diterbitkan dengan maksud meningkatkan rasa percaya diri dan ketrampilan anak dalam membaca dan menulis bahasanya sendiri. Ketrampilan dan penghargaan terhadap bahasa dan budaya sendiri adalah dasar penting untuk anak belajar membaca dan menulis dalam bahasa nasional dan internasional.

Buku Seri Pelangi UBB dibuat dalam 3 tingkat: A. Sederhana B. Menengah C. Mahir

Panduan Menulis

Bahasa-bahasa lokal di NTT mempunyai bunyi dan pembentukkan kata yang berbeda dari bahasa Indonesia, sehingga harus perhatikan beberapa hal yang lain untuk ditulis. Menyusun ejaan merupakan suatu ilmiah tersendiri. Di sini tersedia prinsip-prinsip umum, serta tata bahasa dan fonologi singkat untuk beberapa bahasa yang telah melalui proses ilmiah serta uji-coba dengan masyarakat.
Share This